- Home>
- Microsoft Office >
- Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel
Posted by : Dudi Rudiana
Rabu, 21 Desember 2011
Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain : SUM : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu AVERAGE : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range MAX : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range MIN : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range COUNT : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :
Cara pengerjaan :
Jumlah Nilai pada cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah “=Average(C6:C15)”
Nilai Terendah pada cell C18 adalah “+Min(C6:C15)”
Nilai Terbesar pada cell C19 adalah “+Max(C6:C15)”
Jumlah Data pada cell C20 adalah “+Count(C6:C15)”
Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.